Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk

Tanaman Obat Untuk Batuk ini biasanya berasal dari beberapa rimpang seperti jahe dan kencur yang kemudian diolah menjadi ramuan khusus untuk meringankan gejala batuk. Dengan penggunaan yang tepat, maka salah satu jenis gangguan pada sistem pernafasan ini bisa segera teratasi sehingga anda akan bernafas lebih lega tanpa harus mengalami batuk yang berkepanjangan. Namun yang dipertanyakan adalah : Apa saja tumbuhan obat yang cocok dan manjur untuk menyembuhkan batuk? Nah, karena adanya pertanyaan tersebut, mungkin beberapa resep ramuan sederhana berikut ini bisa sedikit membantu.

Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk

Batuk sebenarnya bukanlah sejenis penyakit. Perlu anda ketahui, gejala ini merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap reaksi iritasi pada tenggorokan. Umumnya terjadi karena adanya lendir, makanan, debu, polusi (asap) dan lain sebagainya pada saluran pernafasan. Terjadinya batuk disebabkan reseptor yang memberi signal pada otot sehingga bisa mengeluarkan benda asing yang sudah disebutkan tadi.

Apa saja penyebab dari batuk? Jika dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa yang bisa memicu timbulnya batuk pada manusia. Beberapa diantaranya ialah :
  • Terjadinya suatu infeksi pada sistem pernafasan bagian atas. Biasanya juga akan berbarengan dengan flu atau pilek.
  • Mengalami alergi yang disebabkan oleh debu, polusi atau jenis benda asing lainnya yang masuk pada tengorokan.
  • Menderita penyakit asma atau yang juga dikenal dengan tuberculosis.
  • Emosi yang tidak teratur dan imbas dari gangguan psikologi.
  • Tersedak makanan atau minuman yang masuk pada sistem pernafasan.
  • dll.
Batuk juga dikenal dengan istilah kering dan berdahak. Namun untuk gejala, mungkin tidak ada beda yang mengakibatkan penderitanya merasa terganggu khususnya pada saat ingin tidur. Nah, apa saja obat alami yang manjur untuk batuk? Berikut rincian selengkapnya!

Jeruk Nipis Untuk Batuk

1. Rimpang Jahe
Jahe merupakan salah satu ramuan herbal yang mempunyai fungsi menghangatkan tubuh sehingga terhindar dari yang namanya masuk angin. Sedangkan untuk batuk, jahe mempunyai kemampuan untuk meredakan dan melancarkan sistem pernafasan. Secara tidak langsung akan berimbas baik untuk mengobati batuk secara alami. Cukup dengan menyeduh jahe sebagai teh, maka batuk akan segera teratasi.

2. Rimpang Kencur
Sama halnya dengan jahe, kencur juga bisa melegakan sistem tenggorokan dan meringankan sakit pada tenggorokan. Cukup seduh dan tambah sedikit gula, maka batuk anda akan segera sembuh jika dikonsumsi secara rutin.

3. Kayu Manis
Bubuk dari kayu ini mempunyai aroma cukup khas untuk melancarkan saluran pernafasan. Penggunaan sama halnya dengan kopi, seduh sekitar 1sdt bubuk kayu manis, tambah sedikit gula dan minum 2x sehari pagi dan malam hari.

4. Jeruk Nipis atau lemon
Alternatif yang paling mudah untuk anda gunakan ialah perasan jeruk nipis. Cukup siapkan 1 butir jeruk nipis dan iris kemudian peras airnya. Tambah sedikit air hangat dan minum secara rutin. Ramuan ini bisa mengencerkan dahak dan mengurangi efek yang disebabkan oleh batuk karena tenggorokan akan lebih cepat bersih.

Demikianlah ulasan singkat terkait dengan Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk. Semoga bisa membantu!

0 Response to "Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *