Manfaat Dan Khasiat Daun Tumpangan Air Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Tumpangan Air memang sudah umum dan banyak digunakan sebagai obat herbal yang kaya akan kegunaan. Beberapa khasiat dari daun tanaman tumpangan air ini dipercaya bisa menyembuhkan bengkak, gangguan pada saluran kemih, asam urat dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah, untuk sekedar menambah wawasan terkait dengan tanaman obat, maka pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan fungsi tumpangan air sebagai obat.

Manfaat Daun Tumpangan Air Bagi Kesehatan

Tumpangan air dengan nama latin Peperomia Pellucida adalah sejenis tumbuhan terna yang tergolong pada tanaman semusim namun kegunaannya cukup membantu dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Umumnya tumpangan air mudah ditemukan pada daerah Asia namun juga tersebur hingga daratan Amerika. Intinya tanaman ini bisa hidup dengan baik pada daerah yang mempunyai iklim tropis dan subtropis. Jika dilihat dari segi klasifikasi, tumpangan air merupakan dari kerajaan plantae serta masih dalam keluarga Piperaceae.

Seperti apa bentuk dan ciri tanaman ini? Sebenarnya sederhana saja yaitu bisa dilihat dari ciri bantang berair dan terlihat seperti berdaging lunak. Daunnya hijau tebal serta sedikit rapuh dan sangat mudah untuk dihaluskan. Untuk perkembangbiakan, tanaman ini bisa diperbanyak dengan melakukan penyemaian biji yang sudah kering, sehingga dengan begitu tanaman ini tidak akan punah meskipun setiap hari diolah menjadi jamu.

Apa saja kandungan senyawa pada tumpangan air? Nah, jika anda melihat begitu banyaknya manfaat yang bisa didapat. Tentunya juga akan menimbulkan tanda tanya yaitu seputar kandungan senyawa alami pada tanaman ini. Dan jika dilansir dari berbagai sumber, tumpangan air mempunyai zat berupa minyak atsiri, lemak, alkaloid, dan kalsium oksalat. Dari senyawa inilah diperoleh jutaan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Daun Tumpangan Air Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Tumpangan Air Bagi Kesehatan :
  1. Obat herbal untuk menyembuhkan penyakit gangguan saluran kemih (ISK).
  2. Bersifat analgetik yang kemampuannya sangat baik dalam mengatasi pusing dan mengurangi nyeri (sakit).
  3. Membantu membersihkan jerawat pada wajah, sehingga kulit tampak halus dan bersih merona.
  4. Mencegah terjadinya peradangan atau bengkak (anti-inflamasi).
  5. Mengobati pegal linu, capek, lemas dan mengembalikan stamina tubuh yang hilang.
  6. Meringankan gejala rematik khususnya rasa nyeri pada persendian.
  7. Mengurangi gejala yang disebabkan oleh asam urat.
  8. Menguatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit.
  9. Sebagai antibiotik alami yang berfungsi untuk membunuh kuman serta bakteri pada tubuh.

Bagaimana cara mengolah tanaman tumpangan air sebagai obat?
Sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Daun dari tumpangan air bisa diolah menjadi jamu dan juga masker wajah yang tentunya manfaat dan kegunaan tidak beda jauh. Untuk konsumsi, cukup sediakan beberapa lembar daun kemudian direbus dengan air secukupnya. Sedangkan penggunan sebagai masker bisa dihaluskan terlebih dahulu kemudian dibalurkan pada seluruh area wajah secara merata. Bersihkan jika masker sudah mulai mengering.

Demikianlah ulasan singkat tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Tumpangan Air Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu!

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Daun Tumpangan Air Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *