Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Asma

Apa saja Tanaman Obat Asma yang beneran ampuh? Pertanyaan ini mungkin juga muncul pada pikiran anda. Sebab penyakit asma atau sesak nafas bisa menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia atau dari kalangan apa. Nah, untuk menyembuhkan sesak nafas, sebenarnya sudah banyak jenis obat kimia berupa tablet ataupun serbuk yang dijual di apotik atau toko terdekat, namun dengan minimnya pengetahuan tentang ilmu kesehatan, mungkin anda tidak akan berpikir bahwa obat yang berbahan kimia mempunyai efek samping dan akan berdampak buruk jika digunakan dalam jangka panjang. Nah oleh karena itu, untuk meminimalisir adanya dampak buruk tersebut, sudah sepatutnya jika anda mencoba bahan alternatif berasal dari ramuan tradisional yang bisa anda dapat dari tanaman sekitar.

Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Asma

Asma atau sesak nafas merupakan salah satu penyakit yang terkait dengan sistem pernafasan. Pada berbagai wilayah asma dikenal dengan mengi dan juga bengek yang gejala umum biasanya diselingi dengan batuk dan berbunyi ketika anda sedang menghela nafas. Faktor penyebab bisa saja karena memang sudah turunan (genetik) dan juga karena terjadinya alergi seperti terkena debu, dan lain sebagainya yang mengakibatkan kambuhnya penyakit asma.

Ada begitu banyak sekali jenis tanaman obat yang bisa anda pakai untuk mengatasi penyakit pada sistem pernafasan ini. Beberapa diantaranya ialah :
  1. Daun Kapuk : Mungkin anda tidak akan berpikir bahwa tanaman yang pada umumnya dimanfaatkan buahnya sebagai bahan pembuatan bantal bisa dimanfaatkan daunnya sebagai obat. Namun untuk memangsimalkan fungsi dari daun kapuk, dibutuhkan paduan bahan lain seperti membuat jamu pahitan.
  2. Bawang Putih : Bahan yang merupakan bumbu dapur ini mempunyai kesan hangat dan bisa dipakai sebagai penyembuh sesak nafas.
  3. Rimpang Jahe : Jahe memang sudah dikenal secara umum bisa menghangakan tubuh khususnya dalam mengobati masuk angin. Namun penggunaan secara teratur bisa melancarkan saluran pernafasan.
  4. Daun Seledri Dan Kemangi : Sama halnya dengan jahe, kedua tanaman yang tergolong sayur ini mempunyai sifat hangat dan baik untuk asma.
bawang putih untuk asma

Selain bahan - bahan diatas, masih banyak lagi jenis tanaman seperti lengkuas, keningar, patikan kebo, tapak dara (bagian akar), kencur, tapak kuda dan daun iler. Nah, bagaimana cara meracik ramuan untuk sesak nafas? Mungkin resep berikut bisa anda buat sendiri dirumah.

Bahan Yang Dibutuhkan :
  • 3 tangkai daun seledri
  • 3 lembar daun kapuk randu
  • 1/2 gela air matang
  • Gula aren secukupnya
  • Dan Sedikit garam dapur (secukupnya).
Cara Pembuatan :
  1. Cuci daun seledri dan daun kapuk kemudian ditumbuk bersamaan dengan gula aren beserta garam.
  2. Campurkan air yang sudah disiapkan kemudian peras sembari disaring dan buang ampasnya.
  3. Minum secara rutin tiap pagi hari sebelum sarapan.
Demikianlah ulasan singkat terkait dengan Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Asma. Semoga bisa membantu!

0 Response to "Tanaman Obat Untuk Meringankan Gejala Asma"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *